Anies: Persija Jadi Klub Pertama yang Main Saat Pembukaan JIS

Jakarta International Stadium baru akan menggelar soft launching dengan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola pada April 2022.
Follow Us

Jurnal Pilar | Anies: Persija Jadi Klub Pertama yang Main Saat Pembukaan JIS

Jakarta, Pilarnusantara.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bakal mengundang Persija Jakarta sebagai kesebelasan yang bermain pertama saat grand launching Jakarta International Stadium (JIS).

Selain itu Anies juga memastikan mantan penyerang Timnas Indonesia dan Persija, Bambang Pamungkas, akan menjadi penendang bola pertama.

“Saat grand lauching nanti kita akan mengundang Persija sebagai tim yang akan bermain pertama dan kita akan pastikan bahwa Bambang Pamungkas akan menjadi penendang bola pertama pada saat grand launching JIS nantinya,” kata Anies, Selasa (12/4) malam.

Ia mengatakan sebagai rangkaian soft launching JIS, pada 13 hingga 19 April, akan diadakan turnamen International Youth Championship (IYC). Turnamen tersebut akan diikuti oleh klub Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Bali United U-18, dan Indonesia All Stars U-20.

Turnamen yang diinisiasi Pancoran Soccer Field (PSF) tersebut sempat direncanakan berlangsung pada Desember tahun lalu, namun harus ditunda lantaran lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.

“Final nanti akan diselenggarakan pada tanggal 19 April, dan begitu selesai final, maka kita akan bersiap untuk Grand Launching JIS, karena saat ini baru soft launching,” ujar Anies.

Sementara itu Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) I Gede Widiade menjelaskan gelaran turnamen tersebut mempunyai dua tujuan. Pertama ingin menginformasikan kepada dunia luar mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia yang telah melampaui masa sulit.

“Kedua, soft launching stadion yang sangat membanggakan, stadion yang sangat bisa kita pamerkan kepada dunia luar,” katanya.

Sebagai informasi stadion yang dikelola oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) ini merupakan stadion berstandar FIFA berkapasitas 82.000 tempat duduk.

JIS dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti 52 ruangan corporate box, sky view deck setinggi 70 meter; ruangan media dan konferensi pers; ruang ganti pemain kandang dan tandang, serta dua lapangan latih yang kualitas rumputnya sama dengan lapangan utama yakni rumput hybrid.

Selain itu ada pula concourse yang memiliki motif ke arah kiblat untuk memudahkan umat Muslim untuk tetap bisa beribadah selama di stadion.