Anies Takziah ke Rumah Ridwan Kamil Sampaikan Belasungkawa untuk Eril

Follow Us

Bandung, Pilarnusantara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (6/6) malam. Anies bertakziah atau mengucapkan belasungkawa kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Bersama istri, Fery Farhati, Anies tiba di Gedung Pakuan pada pukul 19.30 WIB. Ia diterima langsung oleh Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya.

“Saya menyampaikan ungkapan belasungkawa rasa duka cita kami pribadi keluarga dan seluruh masyarakat Jakarta. Tentu kami dengar cerita banyak hal kejadian ini yang membukakan mata kita semua pada begitu banyak kebaikan yang Eril lakukan baru bermunculan sekarang,” kata Anies.

Anies juga menyebut ia dan warga Jakarta sudah melaksanakan salat gaib untuk Eril. Salat gaib sendiri dilakukan pada Jumat (3/6) lalu, sesuai seruan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Anies juga mengaku mendengarkan cerita baik tentang Eril, pemuda 23 tahun yang hanyut di Sungai Aare, Swiss, yang kebetulan dalam momen mencari tempat studi S2.

Menurutnya, hal yang wajar ketika banyak orang mendoakan dan larut dalam kesedihan atas kejadian yang menimpa keluarga Gubernur Jawa Barat itu.

“Insya Allah Eril husnul khatimah ditinggalkan derajatnya di sisi Allah dan nantinya jadi pembuka pintu jannah bagi ibu dan ayahnya,” ujarnya.

Anies mengatakan, di dunia ini tidak ada yang tahu siapa yang lebih mendahului. Dalam pertemuan itu juga, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memberi dukungan pada Ridwan Kamil agar lebih kuat dan tabah menerima takdir yang sudah disuratkan Allah SWT.

“Kita tidak tahu siapa lahir duluan, siapa wafat duluan dan tidak banyak orang tua mendapatkan ujian sebesar yang dialami Kang Emil dan kerabatnya. Insya Allah Eril akan menjadi pembuka jalan bagi orang tua yang mendidik anak menjadi soleh,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Anies juga berharap agar keluarga Ridwan Kamil diberi ketabahan dalam menjalani kehidupan.

“Kami tadi perbincangkan, Insya Allah keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan sebagaimana selama ini mereka berdua menunjukkan sikap orang tua yang tabah dan ikhlas, yang harus kita teladani,” ucapnya.

Keluarga Ridwan Kamil mengumumkan kepada publik bahwa Eril meninggal dunia. Meski begitu, kepolisian Bern, Swiss, tetap melanjutkan pencarian sosok yang hilang di Sungai Aare, Bern, pada Kamis (26/5) pekan lalu itu.