Animo Mudik Masih Tinggi, 15 Ribu Orang Tinggalkan DKI dari Senen

Animo warga untuk mudik ke kampung halaman masih tinggi meski pemerintah memprediksi hari ini, Jumat (6/5) sebagai puncak arus balik.
Follow Us

Jurnal Pilar | Animo Mudik Masih Tinggi, 15 Ribu Orang Tinggalkan DKI dari Senen

Jakarta, Pilarnusantara.id – Animo warga untuk mudik ke kampung halaman masih tinggi meski pemerintah memprediksi hari ini, Jumat (6/5) sebagai puncak arus balik.

Berdasarkan pantauan Pilarnusantara.id pukul 13.40 WIB, sejumlah orang mengantre di pintu keberangkatan 2 Stasiun Pasar Senen. Mereka terlihat membawa tas dan koper.

Kursi tunggu yang tersedia di stasiun juga terisi penuh. Kursi itu duduki oleh puluhan sampai ratusan orang yang menunggu jadwal keberangkatan tiba.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sedikitnya ada 15.400 orang yang meninggalkan Jakarta dari Stasiun Pasar Senen pada hari ini.

“Volume keberangkatan masih tinggi. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.400,” kata Eva.

Eva menjelaskan masa angkutan lebaran untuk perjalanan KA ditetapkan pada 22 April sampai dengan 13 Mei 2022 dengan total jumlah tempat duduk sebanyak 743.499

Ia mengatakan pihaknya telah menyediakan 24 KA di Stasiun Pasar Senen. Dua di antaranya merupakan KA tambahan khusus untuk mudik lebaran.

“Relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung,” ujar dia.

Sementara itu, pihaknya juga mencatat sedikitnya ada 39.300 orang yang tiba. Jumlah itu lebih tinggi dari sehari sebelumnya, yakni 38.400 orang.

Diketahui, pihak KAI dan pemerintah sama-sama memprediksi puncak arus balikmudik 2022 berlangsung sejak6 sampai 8 Mei 2022.