Arus Balik, 38.400 Penumpang Kereta Akan Tiba di Jakarta Hari Ini

Sekitar 38.400 penumpang kereta api diprediksi bakal turun di Jakarta pada hari ini, Kamis (5/5), sehari menjelang perkiraan puncak arus balik mudik Lebaran.
Follow Us

Jurnal Pilar | Arus Balik, 38.400 Penumpang Kereta Akan Tiba di Jakarta Hari Ini

Jakarta, Pilarnusantara.id – Sekitar 38.400 penumpang kereta api dijadwalkan bakal turun di sejumlah stasiun di Jakarta pada hari ini, Kamis (5/5), sehari menjelang perkiraan puncak arus balik mudik Lebaran 2022.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan puluhan ribu penumpang itu turun di beberapa stasiun di wilayahnya, antara lain di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

“Kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan. Total untuk hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun,” kata Eva kepada Pilarnusantara.id.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Pilarnusantara.id, Stasiun Pasar Senen tampak dipadati penumpang sejak pagi hingga tengah hari.

Banyak dari mereka mengaku hendak melakukan perjalanan mudik. Sementara itu, calon penumpang lainnya akan berlibur.

Eva mengatakan, pada hari ini setidaknya sebanyak28.700 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

PT KAI juga mengoperasikan 8 kereta tambahan di Stasiun Gambir dan 3 kereta tambahan dari Stasiun Pasar Senen.

“Dari jumlah tersebut, dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi,” kata Eva.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta warga atau pemudik menghindari pulang dari kampung halaman pada puncak arus balik mudik 2022 yang diperkirakan jatuh pada6 sampai 8 Mei.

Jokowi meminta masyarakat pulang ke kota sebelum atau setelah puncak arus balik demi menghindari kepadatan di perjalanan.

“Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak, bapak, ibu, saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik,” kata Jokowi, Selasa lalu.