Arus Balik Lebaran, 15.758 Penumpang Tiba di Stasiun Pasar Senen

Ilustrasi. Sebanyak 15.758 penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen
Follow Us

Jurnal Pilar | Arus Balik Lebaran, 15.758 Penumpang Tiba di Stasiun Pasar Senen

Jakarta, Pilarnusantara.id – Sebanyak 15.758 penumpang kereta api jarak jauh memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Sabtu (7/5). Sebagian besar di antaranya merupakan warga balik dari kampung halaman.

Berdasarkan pantauan Pilarnusantara.id, pukul 17.30 WIB, ratusan penumpang masih berdatangan dari berbagai wilayah. Salah satu di antaranya Kereta Bangunkarta, relasi Jombang-Jakarta.

Banyak dari warga datang ke Ibu Kota usai merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah di kampung halaman. Penumpang didominasi dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Lewat laporan rekapitulasi penumpang di Stasiun Pasar Senen, volume kedatangan pukul 15.00 WIB sebanyak 15.758 penumpang. Sedangkan volume keberangkatan sebanyak 13.641 penumpang.

Vice President Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus menilai secara total jumlah kedatangan penumpang di Daop I Jakarta saat ini masih tinggi.

“Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 39.600 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta,” ujar Joni dalam keterangannya, Sabtu (7/5).

Di samping itu, Joni mengatakan volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dilaporkan masih tinggi.

Hal itu dilihat dari banyaknya penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, pada hari ini.

Adapun volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 atau 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia, yaitu 21.500 kapasitas kursi.

“Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop I Jakarta masih cukup tinggi,” kata Joni.

Lebih lanjut ia mengimbau bagi calon penumpang yang akan mudik pascaLebaran dan baru akan memesan tiket, dapat mengecek ketersediaan jadwal dan bertransaksi lewat aplikasi KAI Access.