Audiensi DPD Gian Jakarta Barat Dengan BNNP DKI Jakarta

Share, Like, And Comment

Jakarta, PilarNusantara.id – DPD GIAN (Gerakan Indonesia Anti Narkotika) Jakarta Barat (16/09/2021), memenuhi undangan audiensi dan Pemaparan garis  besar program dengan Kepala BNNP DKI Jakarta, Bapak Brigjend Pol Tagam Sinaga, SH. Dan beberapa staf lainnya yaitu Bapak Kombes Monang sidabuke (Kabid Brantas) Ibu Dr.Wahyu Wulandari (kabid Rehabilitasi) dan Bapak Arif (staf kabid penyuluhan & pencegahan). Pertemuan tersebut mengikuti Prokes dan diwajibkan melampirkan hasil tes swab.

DPD GIAN melalui ketuanya Bapak Drs. Hari Purbohadi bahwa GIAN sebagai organisasi penggiat anti narkoba mengharapkan program yang disampaikan kiranya dapat dikerjasamakan dengan BNNP, mengingat kondisi saat ini masyarakat semakin resah terhadap beredarnya narkoba yang dimasa pandemi ini terjadi peningkatan sangat tajam dalam pemakaian dan  peredarannya.

Beberapa Pengurus GIAN turut hadir adalah Bapak Drs. Aris sucipto, MM dan Bapak Eko (selaku Pembina) dan Bapak Nana sudiana (selaku waka 1).

Penyerahan Dokumen Kerjasama Gian Ke BNNP DKI Jakarta

Bimbingan Teknis (BIMTEK) BNN

Pembekalan Materi tentang narkotika dan teknis pencegahannya agar pengurus GIAN memiliki rasa tanggung jawab dan semangat yang tinggi serta berpatisipasi aktif dalam membantu program BNN dan mensuksekan pencapaian program P4GN.

Membangun kerjasama, berpartnersip dengan Lembaga BNN sebagai lembaga Negara yang bertugas khusus tentang masalah-masalah Narkotika.

Menambah wawasan tentang narkotika dalam sudut pandang serta teknis pencegahannya, sehingga memiliki kemampuan untuk mentransformasi ke tengah tengah masyarakat tentang dampak dan bahaya nakoba.

Penyuluhan Terpadu tentang Narkotika Program (P4GN)

Dilaksanakan dalam bentuk kerjasama dengan lembaga BNN/BNNP, serta lembaga-lembaga lain yang terkait. Penyuluhan tersebut diharapkan mampu menjadi program antisipasi berbagai pihak, sehingga penyebaran narkoba tidak semakin merajalela.

Sebagai bentuk dan tanggung jawab bersama, maka penyuluhan tersebut akan di lakukan secara continue, sasaran tahap pertama :

  1. Pelaku Usaha Hotel, Cafe, Apartemen, Rumah Kost, tempat hiburan dan atau yang sejenis.
  2. Para Pendidik, Sekolah dan Organisasi Sekolah (OSIS)
  3. Lembaga Kepemudaan dan Ormas, membangun sinergitas masalah Hukum dan bahaya Narkotika.

Test Urine

Pelaku usaha Hotel, Cafe, Tempat hiburan, dan rumah kost, Apartement. Sebagai bentuk mengantisipasi, pencegahan dini beredarnya

“Narkotika yang dalam hal ini, kami masih melakukan pendataan agar dapat memperoleh sasaran dan jumlah yang kongkrit” ucap Ketua DPD Drs. Hari Purbohadi Santoso.

Untuk dapat mengantisipasi beredarnya Narkotika diberbagai kalangan para pelaku usaha dan lain lain.

Dilaksanakan secara bertahap dan tahap, pertama diupayakan sebanyak 500 peserta test urine termasuk para pengurus DPD GIAN Jakarta Barat.

Tahap berikutnya disesuaikan data yang diperoleh pada saat DPD GIAN melakukan inventaris 8 kecamatan wilayah Jakarta Barat (Format isian terlampir dalam  garis besar program ini) .

Stikerisasi & Kampanye Bahaya Narkotika

Pembuatan stiker tentang bahaya Narkotika berisi pesan moral kepada masyarakat luas khususnya wilayah Jakarta Barat, agar masyarakat dapat menyadari dampak buruk akibat narkoba dan membangun tanggung jawab bersama, masyarakat menyatakan PERANG terhadap NARKOTIKA.

Komitmen pemerintah melalui perancangan PROGRAM P4GN 5tahun ke depan dapat teralisasi dengan sebaik-baiknya.

Pelaksanaan penempelan stiker melibatkan unsur Pemuda seperti Karang Taruna di masing –masing wilayah setempat agar lebih efektif.

Kerja Bakti & Aksi Sosial

Dilakukan kerja bakti dan aksi sosial, masyarakat agar terjalin hubungan emosional akan bertanggung jawab bersama, dalam rangka memerangi penyebaran Narkotika.

Dilaksanakan secara Paralel di 8 kecamatan wilayah kota Jakarta Barat.

Tercipta posko dan atau pengawasan atas inisiatif para tokoh masyarakat sehingga mempersulit masuknya penyebaran narkoba yang semakin merajalela.

Pengadaan Rumah Rehabilitasi Narkotika

Pentingnya penanganan secara sistematis dan terukur dalam mengembalikan dampak dari para korban pemakaian berbagai jenis narkoba, perlu dan sangat penting DPD GIAN Jakarta Barat memiliki rumah rehablitasi, sehingga konsep REHABILITASI yang sedang disusun oleh DPD GIAN Jakarta Barat.

Dapat dicapai dengan hasil maksimal, sudah dibuat dapat diaplikasikan secara maksimal, eks para pemakai yang sudah menyadari akan kekeliruannya dapat menjadi piooner di kalangan masyarakatnya.

Hadir kembali bukan sebagai sampai masyarakat melainkan menjadi garda terdepan dilingkungannya untuk memutus mata rantai peredaran narkoba, mampu menyadari dirinya akan pengalaman buruk yang pernah dialami tidak terulang.

  1. Usaha Mandiri dengan kemampuan DPD dan jajaran pengurus membangun rumah rehablitasi sebagai bentuk investasi sosial.
  2. Kalangan Swasta atau perorangan yang memiliki kepedulian terhadap penyelamatan generasi muda khususnya dan masyarakat umumnya dengan menyumbang harta/assetnya secara tulus dan ikhlas.
  3. Sponsorhip dengan cara pembuatan proposal untuk penggalangan dana terkait dengan pengadaan rumah rehablitasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *