BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat, Termasuk untuk NTB

Ilustrasi. BMKG memprakirakan sejumlah wilayah, termasuk NTB, akan mengalami hujan lebat pada Minggu (20/3).
Follow Us

Jurnal Pilar | BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat

Jakarta, Pilarnusantara.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini serta prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, Minggu (20/3).

Menurut informasi yang dirilis di situs BMKG dan diberitakan Antara, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat.

Selain itu wilayah lainnya yang berpotensi hujan lebat ada di Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Bacaan Lainnya

Kemudian di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat.

BMKG juga mengungkapkan sirkulasi siklonik terpantau di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin alias konvergensi yang memanjang di Papua Barat, Laut Arafuru, dan di pesisir selatan Papua.

Daerah konvergensi lain juga terpantau di Sumatera Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera bagian selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah, Laut Banda, dan NTT.

Menurut BMKG, kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.