Di Terminal Galiran Klungkung, tempat penampungan sementara para pedagang ambruk.

Follow Us

Jurnal Pilar | Muhammad Syafei

Klungkung, Pilarnusantara.id – Di Terminal Galiran Klungkung, tempat penampungan sementara (TPS) pedagang ambruk.

Mengetahui hal itu, Wakil Bupati Made Kasta mendatangi lokasi pembangunan TPS pada Rabu (25/1/2022) untuk memastikan bangunan layak huni bagi para pedagang.

Bacaan Lainnya

“Kami datang hanya untuk memastikan bahwa rumor runtuhnya gedung ini saat pembangunan itu benar. Padahal, informasi itu akurat,” kata Made Kasta, Rabu, 25/1/2022.

Di jalur barat, ada struktur yang dibongkar. Bangunan yang runtuh itu memiliki panjang sekitar 10 meter.

Perumahan sementara pedagang yang akan ditempati pedagang Blok B dan E di Pasar Semarapura, kini sedang dibangun. Ini memiliki kerangka bambu dan atap seng.

“Tentu saja, kami tidak ingin ini terjadi begitu pedagang pasar menempati struktur ini di masa mendatang. Untuk menggunakan gedung ini sebagai lokasi perdagangan, saya mohon dibuat sangat kuat dan aman, ”kata Made Kasta.

Hal itu juga diungkapkan Direktur UPT Pasar Klungkung Komang Sugiarta.

Ia mengklaim runtuhnya bangunan tersebut pada Selasa (24/1) pukul 13.00 WITA disebabkan tidak adanya siku pada masing-masing tiang bambu.

Tidak ada yang terluka, meski struktur bambu itu hampir meremukkan sejumlah pekerja. Strategi pengembangan akan diterapkan sekali lagi.

Bangunan penampungan sementara pedagang Blok B dan E Pasar Semarapura di Terminal Galiran menelan biaya pembangunan Rp 199.576.293.

Pembangunan ini terkait dengan biaya sekitar Rp 75 miliar tahun ini untuk membangun pasar tematik di Pasar Semarapura. (*)