Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Trisakti Adakan Webinar Bekerjasama Dengan FKMB, dengan Topik PKM – UMKM

Webinar PKM FKMB
Follow Us

Jurnal PilarNusantara | Webinar FKMB

Penulis : Naufal Juliansyah | Editor : Sayyid Daffa

Kota Tangerang, PilarNusantara.id – Dalam Rangka Program Pengabdian Kepada Masyarakat, Forum Komunikasi Minangkabau Bersatu (FKMB), mengadakan webinar dengan tema PKM – Pengembangan UMKM Sebagai Usaha Yang Berkelanjutan, dengan Narasumber Bapak Osni Erza,.SE,.MM, Dosen FEB Universitas Trisakti, dan Dr. Harmaini,.SE,.MSi, Dosen FEB Universitas Trisakti, sabtu 12/02/2022.

Pada acara webinar yang dilakukan via zoom meetting ini, yang diadakan oleh FEB-Universitas Trisakti, yang di ikuti oleh Forum Komunikasi Minangkabau Bersatu (FKMB), mengangkat Tema Webinar Pengembangan UMKM Sebagai Usaha Berkelanjutan, dan Pengembangan UMKM yang Berbasis Syariah ini, merupakan topik pembahasan yang menarik yang di sajikan langsung oleh Narasumber dari Dosen FEB Universitas Trisakti, Bapak Osni Erza,.SE,.MM, dan Dr. Harmaini,.SE,.MSi, dengan tujuan untuk melakukan pengembangan usaha mikro kecil menengah, yang berawal dari usaha keluarga menjadi sektor Bisnis Keluarga yang cukup besar, dengan melakukan langkah langkah ekspansi untuk pengembangan usaha yang berawal dari usaha keluarga menjadi bisnis keluarga.

Bacaan Lainnya

Sebelum acara webinar dimulai, diawali dengan pembacaan doa oleh Bapak Ali Imran, selaku Sekjen 2 DPP FKMB, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan langsung Bapak Dr. Murtanto, Ak, M.Si dari FEB universitas Trisakti, kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Umum FKMB, Bapak Indra Jaya, ST., SH. Rajo Dirajo yang kebetulan pada saat acara berlangsung, berhalangan hadir, yang di wakilkan oleh Sekjen 1 DPP FKMB, Bapak Alimarisan, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama yang di sampaikan oleh Dr. Harmaini, S.E., M.Si, dengan tema Pengembangan UMKM Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Pendapatan.

Pada materi tema Pengembangan UMKM Berbasis Syariah dalam Meningkatkan Pendapatan ini, banyak materi materi yang menarik yang bisa di ambil manfaatnya dalam melakukan penerapan suatu usaha kecil dengan berbasis syariah, ungkap Dr. Harmaini, S.E., M.Si, karena konsep dan sistem perbankan syariah sangatlah cocok dalam melakukan pengembangan usaha, dimana sistem perbankan syariah, Masyarakat sebagai pemilik modal/dana, dikelola dan disalurkan kembali oleh bank syariah kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan prinsip pembagian hasil dengan masyarakat sebagai pemilik modal/dana tadi, namun dana tersebut dikelola dan disalurkan dengan baik oleh bank syariah kepada masyarakat yang ingin menggunakan dana tersebut, dengan cara bagi hasil sesuai dengan kesepakatan diawal, hal ini lah yang bisa membantu dan meningkatkan pendapatan dari usaha usaha UMKM, kata Dr. Harmaini, S.E., M.Si.

Begitu juga hal nya materi yang di sampaikan oleh Bapak Osni Erza, S.E., MM, yang menyajikan materi Pengembangan UMKM sebagai usaha yang berkelanjutan, dimana konsep dan materi yang disampaikan oleh Dr. Harmaini, S.E., M.Si, berkaitan erat dengan materi yang akan saya sampaikan ini, ungkap bapak Osni Erza, S.E., MM, karena pengembangan UMKM yang berkelanjutan itu, jika menggunakan sistem dan konsep perbankan syariah, akan berkembang lebih cepat, namun dalam pembahasan saya akan lebih menitik beratkan pada konsep pengembangan yang berkelanjutan, dimana suatu usaha UMKM keluarga, bisa berkembang menjadi suatu Bisnis Keluarga yang berkelanjutan dan menjadi besar, seperti yang pernah dilakukan oleh perusahaan perusahaan besar yang berawal dari bisnis keluarga, seperti : Blue Bird Group, Bakri Group, Sinar Mas Group, Astra Group, dan Kalla Group. dan ini merupakan sebagian kecil contoh dari perusahaan bisnis besar yang berawal bisnis keluarga. hal ini merupakan pengembangan usaha yang berkelanjutan, ucap Bapak Osni Erza, S.E., MM, menutup penyampaian materinya.

Kemudian pada sesi berikutnya, dari 3 narasumber, menyampaikan materinya lebih di titik beratkan pada Penentuan Harga Pokok Produksi dalam menentukan harga jual barang, materi ini langsung disampaikan oleh Lidia Wahyuni, S.E., M.Ak dan materi berikutnya yang disampaikan oleh bapak Dr. Murtanto, Ak, M.Si, yaitu tentang bagaimana cara membuat Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku UMKM. dan begitu juga materi yang disampaikan oleh pembicara 5, Marieta Ariani, S.E., M.Si, yaitu tentang Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan.

Ketiga materi yang disampaiakan oleh tiga narasumber tersebut, sangat berkaitan, karena kunci keberhasilan dari suatu usaha/bisnis yang dilakukan oleh UMKM, berada pada tiga poin materi yang disampaikan oleh tiga narasumber tersebut.

Pada sesi terakhir webinar PKM-Forum Komunikasi Minangkabau Bersatu (FKMB), yang di hadiri oleh beberapa orang perwakilan dari setiap DPC FKMB danj DPW FKMB Kota Tangerang ini, di tutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. (red/Ladien/PN.id)

Tinggalkan Balasan