Gubernur Sulteng Pingsan Usai Ritual Kendi Nusantara Bareng Jokowi

Suasana seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).
Follow Us

Jurnal Pilar |  Gubernur Sulteng Pingsan Usai Ritual Kendi Nusantara

Sepaku, Pilarnusantara.id – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rudy Mastura pingsan usai proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin (14/3). Dia terlihat dibopong menuju tenda karena lemas.

“Ya sempat pingsan tadi. Enggak dibawa ke rumah sakit. Ditangani di sini saja, lengkap alat kesehatan,” ujar Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Ivan Syafranudin kepada Pilarnusantara.id pada Senin (14/3) siang.

Dia menerangkan saat Gubernur Rudy itu pingsan, yang bersangkutan langsung mendapatkan penanganan oleh tim medis yang memang siaga sejak acara Kendi Nusantara dimulai. Prosesi tersebut berada di bawah dan setelah usai para peserta kegiatan melewati tanjakan.

Bacaan Lainnya

“Pingsan sebentar saja. Kelelahan kan naik tanjakan. Jadi maklum saja,” terang juru bicara Pemprov Kaltim ini.

Rupanya tak hanya Rudy Mastura yang terlihat lemas, sambungnya, beberapa kepala daerah lain juga tampak lelah. Hal ini diduga karena cuaca di IKN memang panas saat ritual tersebut berlangsung pada Senin pagi hingga siang.

Kendati demikian, Ivan memastikan hanya satu kepala daerah yang pingsan.

“Hanya Gub Sulteng saja yang pingsan. Lain Cuma kelelahan saja,” imbuhnya.

Dalam prosesi penyatuan tanah dan air itu, masing-masing gubernur dari 34 provinsi bergantian membawa tanah dan air di hadapan Presiden Joko Widodo. Lalu bersama-sama menuangkannya ke dalam gentong besar sebagai simbol penyatuan tanah dan air diseluruh Indonesia.

Ketika itu Gubernur Rudy terlihat sehat dengan membawa tanah dan air kepada Presiden Jokowi untuk dituangkan ke dalam gentong besar. Diduga karena cuaca yang terik serta proses ritual yang lama membuat mantan wali kota Palu tersebut lemas.