H-5 Lebaran, 31 Ribu Pemudik Tinggalkan Jakarta Pakai Kereta Api

Pemudik yang akan pulang ke kampung halaman menggunakan kereta api memadati Stasiun Pasar Senen
Follow Us

Jurnal Pilar | H-5 Lebaran, 31 Ribu Pemudik Tinggalkan Jakarta Pakai Kereta Api

Jakarta, Pilarnusantara.id – Setidaknya sebanyak 31.200 pemudik tercatat meninggalkan DKI Jakarta menggunakan Kereta Api pada Rabu (27/4) atau H-5 menjelang lebaran 2022. Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan dari total penumpang tersebut, sebanyak 17.400 pemudik diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

“Terdapat 28 KA yang beroperasi dengan volume penumpang berangkat sebanyak 17.400 atau 85 persen dari kapasitas 20.500,” ujarnya kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen.

Sementara itu, untuk sisanya sebanyak 13.800 pemudik akan diberangkatkan melalui Stasiun Gambir. Eva mengatakan, total ada 33 keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Gambir menuju pelbagai daerah di Pulau Jawa.

Bacaan Lainnya

“Volume penumpang berangkat sebanyak 13.800 atau 95 persen dari kapasitas 14.500,” tuturnya.

Eva menjelaskan, sampai saat ini tanggal keberangkatan yang paling banyak dipilih pemudik adalah 27, 28, 29, 30 April, dan 1 Mei 2022.

Sedangkan untuk tujuan favorit keberangkatan kereta dari Stasiun Pasar Senen yakni Yogyakarta, Kutoarjo, Surakarta, Purwokerto, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Pantauan Pilarnusantara.id pukul 11.00 WIB di Stasiun Pasar Senen, para pemudik masih terus berdatangan. Masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman itu nampak memadati area tunggu hingga lobby Stasiun Pasar Senen.

Antrean pemudik juga terlihat di sejumlah loket tiket mandiri. Begitu juga di area tempat drop off kendaraan bagi para calon pemudik.

Iwan (31), salah seorang pemudik asal Ngawi, Jawa Tengah, mengaku antusias dapat kembali ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Guna mempersiapkan kepulangannya itu, Iwan juga mengaku sudah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah. Dirinya juga mengaku sudah melakukan vaksinasi booster demi keamanan keluarganya.

“Senang banget akhirnya bisa mudik lagi, tahun kemarin nggak mudik. Saya udah vaksin, booster. Semoga ke depannya dipermudah lagi perjalanan ke mana-mananya,” tuturnya.