Jokowi Resmi Lantik Kepala Otorita IKN Bambang Susantono

Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Follow Us

Jurnal Pilar | Jokowi Resmi Lantik Kepala Otorita IKN Bambang Susantono

Jakarta, PilarNusantara.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pelantikan dilakukan dengan hadirin terbatas di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3).

Pada saat bersamaan, Jokowi juga melantik Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. Jokowi memimpin pengambilan sumpah dua pejabat baru itu.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti Bambang dan Dhony di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Keputusan Presiden Nomor 9N tahun 2022 juga dibacakan. Salah satu poin keputusan itu adalah Bambang dan Dhony akan mendapatkan fasilitas dan tunjangan setara menteri.

Setelah pengucapan sumpah, Jokowi menyalami dua pejabat itu. Kemudian, mereka berfoto untuk dokumentasi kenegaraan.

Bambang dan Dhony akan memimpin proses pembangunan IKN Nusantara. Mereka juga akan memimpin persiapan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Bambang adalah pakar di bidang pembangunan infrastruktur, tata kota, dan transportasi. Dia pernah menjabat Wakil Menteri Perhubungan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Dhony berkecimpung di dunia properti. Ia menjabat Managing Director of President Office of Sinar Mas Land. Dhony juga pernah mendampingi Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat studi banding ke BSD City pada persiapan pemindahan ibu kota.