Jokowi Tinjau Dampak Semeru, 2000 Lebih Rumah akan Direlokasi

Dampak Erupsi Semeru
Kondisi Desa Sumberwuluh terkena damoak erupsi semeru - foto SAR FKAM
Follow Us

PilarNusantara.id – Presiden Joko Widodo meninjau kemampuan tim gabungan penanganan bencana Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021). Jokowi pun memberi informasi bahwa mereka akan merelokasi sekitar 2000 lebih rumah usai insiden tersebut. Usai meninjau lokasi bencana Gunung Semeru di Lumajang, Jokowi mengucapkan turut berduka cita kepada korban yang meninggal. Jokowi pun mengaku kedatangan langsung ke Lumajang dalam rangka memastikan seluruh elemen pemerintah dalam mengevakuasi korban.

‚ÄúPagi hari ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi,” kata Jokowi di lokasi kejadian.

Jokowi juga mengaku kedatangannya dalam rangka meninjau fasilitas yang rusak akibat bencana alam. Ia menyempatkan untuk mengunjungi lokasi pengungsi. Di lokasi pengungsi, mantan Wali Kota Solo itu memastikan para pengungsi mendapatkan konsumsi yang layak, pelayanan kesehatan hingga air bersih. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap pemerintah bisa segera memperbaiki infrastruktur daerah setelah kondisi membaik.

Ia sebut pemerintah akan merelokasi ribuan rumah karena dinilai berbahaya untuk dihuni kembali. “Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih 2 ribuan rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semuanya sudah siap,” kata Jokowi.

Bacaan Lainnya

Tinggalkan Balasan