KATARSIS Untuk Kebaikan Mental

Follow Us

Jurnal Pilar | KATARSIS Untuk Kebaikan Mental

Pilarnusantara.id – Terkadang situasi yang kita terima tidak selamanya sesuai dengan yang kita harapkan bahkan bisa sampai membuat kita emosi, sedih, kesal, bahkan frustasi. Stres dan frustasi sebenarnya bisa menjadi sinyal bahwa ada konflik yang butuh diselesaikan atau ada perasaan yang sedang ditekan dan butuh dilampiaskan. Kondisi tersebut membuat seseorang ingin mempuanyai tempat untuk melampiaskan perasaannya. Dengan melampiaskan emosi yang lama dipendam, seseorang akan merasakan kelegaan. Dalam dunia psikologi ada sebutan untuk seseorang dengan sadar mengekspresikan emosi yang telah lama dipendam yaitu ‘KATARSIS’. Dengan katarsis dapat membantu Anda untuk mengarahkan perasaan emosi ke arah yang positif.

Namun di era remaja saat ini banyak sekali melampiaskan emosi dengan cara yang salah yaitu mabuk-mabukan, Emosi yang meledak-ledak, atau menyakiti diri sendiri dengan cara memukul sesuatu. Padahal dengan cara seperti itu tidak baik untuk kesehatan mental. Ada loh tiga bentuk katarsis yang umum dan menguntungkan yaitu dengan cara

1. Menyibukan Diri Dengan Bernyanyi

Bernyanyi selalu dikaitkan dengan seni, namun ternyata memiliki manfaat buat
kesehatan mental. Tidak harus punya suara bagus jika bernyanyi dengan sepenuh hati
maka akan mendapatkan sensasi lega setelahnya.

2. Curhat

Mencurahkan isi hati kepada oranglain tentang masalah yang kita hadapi ternyata
dapat mengurangi rasa stress bahkan bisa memberikan solusi yang tepat.

3. Menangis

Memang untuk kaum dewasa apalagi pria untuk menangis sudah jarang terjadi
padahal dengan menangis memberikan manfaat dengan membuat suasana hati anda
jadi lebih baik.

Jadi banyak hal positif yang bisa kita lakukan untuk dapat melampiaskan perasaan kita ke hal
yang lebih baik untuk kepentingan mental kita sendiri.

Dinar Widia Mustikasari
Universitas Yuppentek Indonesia