Kepala BNPB: Indonesia Supermarket Bencana

BNPB menyebut Indonesia sebagai supermarket bencana karena ada berbaga jenis bencana alam yang berpotensi terjadi
Follow Us

Jurnal Pilar | Kepala BNPB: Indonesia Supermarket Bencana

Jakarta, Pilarnusantara.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan bahwa Indonesia merupakan supermarket bencana. Hal itu ia sampaikan lantaran Indonesia kerap mengalami bencana dengan berbagai bentuk, baik bencana alam maupun non alam.

“Indonesia ini sangat banyak untuk bencananya. Bahkan Indonesia bisa dibilang supermarket bencana,” kata Suharyanto dalam acara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022, Senin (25/4).

Meski memiliki banyak jenis bencana alam, masyarakat Indonesia memiliki cara-cara tersendiri dalam menghadapinya. Seperti misalnya, masyarakat di sekitar Gunung Merapi.

Suharyanto menyebut masyarakat di sekitar Gunung Merapi punya langkah-langkah mitigasi yang kental dengan kearifan lokal. Mereka bahkan memiliki kelompok sendiri untuk menghadapi erupsi.

“Di sana ada kelompok yang namanya Pasak Merapi. Kemudian pada saat terjadi erupsi masyarakat sudah dibagi sedemikian rupa. Ada kendaraan, di dalam kendaraan itu siapa yang naik, dari keluarga mana sudah dipetakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, masyarakat lereng Merapi juga memiliki urutan prioritas ketika terjadi erupsi. Biasanya, warga akan mendahulukan hewan ternaknya dievakuasi terlebih dulu ketimbang mereka.

“Ada konsep sebelum orang itu mengungsi, terlebih dahulu adalah hewan-hewan peliharaan. Dan di Merapi juga sudah ada fasilitas pengungsian yang diperuntukkan bagi manusia dan diperuntukkan bagi hewan,” ungkapnya.