Klok Bicara Latihan Keras Shin Tae Yong di Timnas U-23: Semua Sakit

Marc Klok mengakui latihan keras Shin Tae Yong di Timnas Indonesia U-23.
Follow Us

Jurnal Pilar | Klok Bicara Latihan Keras Shin Tae Yong di Timnas U-23: Semua Sakit

Jakarta, Pilarnusantara.id – Pemain Timnas Indonesia U-23, Marc Klok mengungkapkan kerasnya program latihan Shin Tae Yong selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-23 saat ini sedang menjalani TC di Korsel sebagai bentuk persiapan jelang SEA Games 2021 (2022) di Vietnam, Mei mendatang.

“Keras, tapi kita butuh fisik yang top, yang paling tinggi untuk ambil prestasi. Latihan sekarang keras sekali karena tiga kali sehari. Tidak mudah tapi tetap kita lakukan,” kata Klok di Youtube PSSI.

Bacaan Lainnya

Menurut Klok, tingkat kesulitan program latihan yang diberikan Shin Tae Yong justru akan meningkatkan berbagai aspek penting untuk menghadapi SEA Games 2021.

Tak hanya di lapangan, pemain Persib Bandung itu juga menyebut Shin Tae Yong memasukkan latihan di pantai dan gunung untuk menghadirkan suasana baru.

“Materi sampai sekarang ada di lapangan dengan bola untuk taktik dan teknik juga. Ada [latihan juga] di gunung, di pantai [sambil] lari, ada fisik juga banyak supaya kita fokus untuk semua body dan semua aspek,” ucapnya.

Di satu sisi, Klok mengaku merasakan sakit di tubuhnya buntut dari kerasnya program latihan racikan Shin Tae Yong. Meski begitu, ia akan berusaha maksimal mengikuti segala agenda yang sudah disusun sang pelatih.

“Semua respons sangat baik tapi semua juga yang sakit. Sampai sekarang kita tidak bepergian ke banyak tempat karena kita latihan saja, makan, tidur, setiap hari begitu,” kata dia seraya tertawa.

“Kita menyiapkan semua yang Shin Tae Yong mau mainkan dan saya pikir saya bisa belajar dari dia juga. Semoga nanti bisa raih prestasi yang tinggi,” ujarnya.

Di SEA Games 2021 Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.