Liga 1 Tanpa Klub Papua dan Sumatera, Didominasi Jawa

Para pemain Persipura usai terdegradasi dari Liga 1.
Follow Us

Jurnal Pilar | Liga 1 Tanpa Klub Papua dan Sumatera

Jakarta, Pilarnusantara.id – Dominasi klub-klub yang berbasis di pulau Jawa semakin kental pada ajang Liga 1 musim depan setelah Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh degradasi musim ini.

Persipura, Persiraja, Persela Lamongan menjadi tiga klub yang terdegradasi dari Liga 1 2021/2022. Ketiganya akan digantikan Persis Solo, Rans Cilegon FC, dan Dewa United yang promosi dari Liga 2.

Kondisi itu membuat dominasi klub-klub asal pulau Jawa semakin mendominasi kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Musim depan Liga 1 tidak memiliki klub yang mewakili Papua dan Sumatera setelah Persipura serta Persiraja degradasi.

Bacaan Lainnya

Total ada 14 klub yang berbasis di Jawa pada Liga 1 musim depan. Sementara empat lainnya berasal dari Bali (Bali United), Sulawesi (PSM Makassar) dan dua dari pulau Kalimantan (Borneo FC dan Barito Putera).

Terdegradasinya Persipura dari Liga 1 merupakan kejutan sekaligus kehilangan besar bagi kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Pasalnya tim berjuluk Mutiara Hitam itu merupakan salah satu tim besar di Indonesia.

Persipura merupakan tim pengoleksi empat gelar Liga Indonesia dan melahirkan banyak pemain hebat Timnas Indonesia, mulai dari Boaz Solossa hingga terakhir Ramai Rumakiek.

“Kami dari pemain sebenarnya belum bisa menerima hasil yang tadi. Tadi hasil sudah baik kami menang tapi kami tidak bisa bicara dengan satu sama lain. Kami masih tidak percaya tapi itulah hasil pertandingan sepak bola,” ujar pemain Persipura Yustinus Pae usai timnya degradasi.

Klub Liga 1 Musim Depan

1. BALI UNITED
2. PERSIB BANDUNG
3. BHAYANGKARA FC
4. AREMA FC
5. PERSEBAYA SURABAYA
6. BORNEO FC
7. PSIS SEMARANG
8. PERSIJA JAKARTA
9. MADURA UNITED
10. PERSIKABO 1973
11. PERSIK KEDIRI
12. PERSITA TANGERANG
13. PSS SLEMAN
14. PSM MAKASSAR
15. BARITO PUTERA
16. PERSIS SOLO
17. RANS CILEGON FC
18. DEWA UNITED