Mantan Panglima GAM Dibawa ke Jakarta Hari Ini untuk Pemeriksaan Kesehatan oleh KPK

Follow Us

Jurnal Pilar | Muhammad Syafei

Jakarta, Pilarnusantara.id – Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Izil Azhar dikabarkan menjalani tes kesehatan, menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam kasus korupsi, Izil diburu karena kabur. Sejak 30 November 2018, namanya masuk dalam daftar buronan DPO. Izil akhirnya ditangkap KPK pada Selasa (24/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu, 25 Januari 2023, Juru Bicara Kelembagaan dan Penegakan KPK Ali Fikri menyatakan, “Tes kesehatan dan pemeriksaan lainnya dilakukan kemarin.”

Ali menambahkan, KPK berencana mengangkut Izil dari Aceh ke Jakarta hari ini.

“Seharusnya dibawa ke Jakarta hari ini,” kata Ali. Izil ditahan KPK saat berada di dekat Banda Aceh.

Bersama satu regu dari Polda Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tim KPK berhasil menangkap mantan petinggi GAM itu.

Sejak Desember tahun lalu, KPK dan Polda NAD telah menjalin kerja sama.

KPK berterima kasih atas kerja sama Polda NAD dalam menangkap Izil. DPO tersebut akan segera diangkut ke Jakarta untuk diproses lebih lanjut, menurut Ali.

Izil Azhar ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan gratifikasi pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai dengan uang APBN 2006–2011

Ia digosipkan sebagai Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh, orang kepercayaan. Mereka diduga memiliki uang gratifikasi Rp 32 miliar.

Izil dilaporkan menghabiskan beberapa waktu di Korps Marinir TNI Angkatan Laut sebelum membelot dan bergabung dengan GAM.

Akibatnya, ia memperoleh moniker Merin’s Father (Marines), yang merupakan istilah bahasa Inggris untuk Korps Marinir.