Mega Tunjuk Prananda Prabowo Jabat Posisi Strategis PDIP Jelang Pemilu

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi posisi baru kepada putranya, Muhammad Prananda Prabowo menjelang Pemilu 2024. (Detikcom/Dikhy Sasra)
Follow Us

Jurnal Pilar | Ibnu Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarnusantara.id – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi posisi baru kepada putranya, Muhammad Prananda Prabowo menjelang Pemilu 2024.

Prananda kini memegang jabatan sebagai Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP.

Bacaan Lainnya

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Pacul menyebut posisi baru Prananda merupakan jabatan strategis yang berada langsung di bawah ketua umum.

“Itu lembaga strategis yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua Umum,” kata Pacul di kompleks parlemen, Rabu (23/11).

Prananda kini memegang dua posisi di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Selain posisi barunya itu, ia masih memegang jabatan sebagai Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif.

Pacul menerangkan posisi baru yang dipegang Prananda sebetulnya merupakan jabatan lama. Namun, jabatan tersebut sempat dikosongkan.

“Kan SK-nya baru, tapi jabatannya itu kan ada kan karena kan udah lewat kongres, gitu loh,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pacul menyebut Prananda bertugas untuk mengawal langsung kebijakan-kebijakan ketua umum. Dalam SK yang beredar, Prananda juga bertanggung jawab untuk menyaring para calon legislatif partai banteng dari daerah hingga pusat.

“Mas Nanan (sapaan akrab Prananda) itu komandannya yang membantu pelaksanaan instruksi-instruksi Ketua Umum. Itu dikawal penuh, udah dari dulu. Misalnya dalam rangka pelaksanaan perintah-perintah Ketum itu diawasi, dipandu, dan seterusnya,” katanya.