Megawati Percayakan Penjaringan Caleg PDIP 2024 ke Prananda

Putra Megawati Soekarnoputri, yakni Prananda Prabowo diberi kewenangan strategis di PDIP jelang Pemilu 2024 (Dok. id.wikipedia.org)
Follow Us

Jurnal Pilar | Ibnu Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarnusantara.id – Putra Megawati Soekarnoputri, yakni Prananda Prabowo diberi kewenangan strategis di PDIP jelang Pemilu 2024 sebagai Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP. Salah satunya kewenangan menentukan calon anggota legislatif dari PDIP.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 2/76/KPTS/DPP/XI/2022 tertanggal 7 November 2022. Ditandatangani Megawati selaku ketua umum dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Bacaan Lainnya

“Penjaringan dan penyaringan bakal calon anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu Tahun 2024,” mengutip tugas Prananda dalam poin 9 di SK yang ditandatangani Megawati.

Total ada 9 tugas yang dipercayakan Megawati kepada Prananda. Misalnya, melaksanakan rapat pelno rutin pengurus DPD, DPC, PAC dan ranting secara berjenjang.

Kemudian, melaksanakan keputusan Rakernas I PDIP tahun 2020 dan Rakernas II PDIP tahun 2021. Lalu memonitoring dan evaluasi tugas anggota DPR Fraksi PDIP.

Prananda juga dipercaya merekap absensi kehadiran rapat anggota fraksi PDIP di DPR. Nanti akan dievaluasi tiap enam bulan oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum.

Prananda juga harus menjaga disiplin komunikasi politik para kader PDIP terkait capres-cawapres 2024.

Kepala Bappilu PDIP Bambang Wuryanto mengklaim tugas yang diberikan Prananda bukan hal baru. Menurutnya, itu sudah diatur dalam anggaran dasar PDIP.

“Bahwa Mas Nanan itu Kepala Situation Room itu adalah lembaga yang membantu Ketua Umum, itu namanya lembaga pembantu umum dalam anggaran dasar. Perintah-perintah Ketua Umum itu diawasi, dipandu, dan seterusnya,” kata Bambang Pacul.

Sebelum mendapat kewenangan baru, jabatan Prananda di struktur DPP PDIP adalah Ketua Bidang Ekonomi Kreatif. Namun kini dipercaya mengendalikan tugas-tugas yang bersifat politik praktis sebagai Kepala Pusat Analisis dan Pengendali Situasi PDIP jelang Pemilu 2024.