Menara MTQ Kendari Retak Diguncang Gempa Magnitudo 5.2

Ilustrasi gempa.
Follow Us

Jurnal Pilar | Menara MTQ Kendari Retak Diguncang Gempa

Kendari, Pilarnusantara.id – Menara Tugu Religi MTQ Kota Kendari, Sulawesi Tenggara di Jalan Haji Abdul Silaondae, Kelurahan Sorumba, Kecamatan Mandonga retak akibat diguncang gempa bermagnitudo 5,2, Sabtu (26/3).

Mengutip dari Antara, retakan salah satu menara Tugu Religi MTQ Kendari terlihat di sisi bagian kanan. Puing-puing retakan terlihat berserakan di bawah menara.

Puing-puing terlihat berserakan di lantai mulai batu merah yang merupakan tembok penyangga menara hingga kalsiboard dinding menara tersebut.

Beruntung tak ada korban saat kerusakan menara MTQ Kendari, pasalnya di titik tersebut sedang berlangsung kegiatan komunitas mobil saat gempa terjadi.

Beberapa supermarket dan toko juga mengalami dampak dari gempa ini seperti robohnya barang jualan dari etalase.

Warga di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara panik berhamburan keluar gedung dan rumah masing-masing demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Kepanikan warga terpantau salah satunya di Kelurahan Mandonga, warga berhamburan ke jalan, selain itu tamu hotel yang ada di daerah itu, salah satunya di Hotel Claro Kendari dan Zahra, para tamu terpantau berlarian dengan panik keluar hotel menuju pelataran.

Kepanikan yang sama juga terjadi pada tamu hotel yang ada di daerah itu. Salah satunya di Hotel Claro Kendari dan Zahra, para tamu terpantau berlarian dengan panik keluar hotel menuju pelataran.

Selain itu, para anak muda yang nongkrong di tempat hiburan kawasan pelataran Tugu Religi MTQ Kendari juga berlarian ke jalan karena merasakan gempa yang keras.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa berkekuatan magnitudo 5,2 yang terjadi pukul 16.40 WIB itu memiliki episentrum atau pusat gempa sekitar 27 kilometer arah timur laut Kendari.

BMKG menyatakan gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan bumi di laut tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“#Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.2, Kedalaman: 10 km, 26 Mar 2022 20:16:40 WIB, Koordinat: 3.83 LS-122.69 BT (Pusat gempa berada di laut 27 km Timur Laut Kendari), Dirasakan (MMI): IV Kendari, III Kolaka, III Unahaa #BMKG,” demikian cuit @infoBMKG, Sabtu (26/3).