Menurut Polisi, Sebuah Bom Meledak di Dekat Rumah Jurnalis Papua Victor Mambor.

ilustrasi ledakan bom
Follow Us

Jurnal Pilarnusantara | Gatan Prasetia

Jayapura, Pilarnusantara.id – Di Jayapura, Papua, sebuah bom meledak di dekat rumah jurnalis kawakan Victor Mambor. Polisi masih menyelidiki bukti terkait ledakan hingga saat ini.

Sr.Comr. Iqnatius Benny Ady Prabowo, Kabid Humas Polda Papua, Rabu (25/1/2023) mengatakan, hingga saat ini bantuan belum bisa memastikan apakah ledakan di dekat rumah Victor Mambor itu disebabkan oleh bom atau apa. kalau tidak.

Bacaan Lainnya

“Saat ini bukti-bukti sisa ledakan yang ditemukan di TKP sedang diselidiki oleh Reskrim Polresta Jayapura Kota, Labfor Polda Papua dan Gegana Satbrimob,” kata Benny.

Selain itu, niat mereka yang melemparkan benda yang dicurigai sebagai bahan peledak dirahasiakan oleh pihak berwenang, dan ada kemungkinan bahwa penduduk terdekat yang menjadi sasaran teror yang diklaim daripada jurnalis Papua yang mendapat Penghargaan Udin 2022.

“Itu karena tidak diawali dengan intimidasi atau teror sebelumnya sehingga belum tentu ditujukan kepada Bapak Victor Mambor,” katanya.

Benny melaporkan, penyidikan penanganan kasus teror saat ini sedang dilakukan oleh Polres Jayapura Kota yang sedang mencari terduga pelaku teroris dengan menggunakan rekaman CCTV di dekat TKP.

Polisi juga mengumpulkan bukti lebih lanjut berupa keterangan saksi dan bentuk lainnya.

“Pelaku sedang dalam proses identifikasi, dari rekaman CCTV samar terlihat,” kata Benny.

Teror Kedua

 

Sebelumnya, wartawan senior Victor Mambor dan Dewan Pertimbangan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura, Papua, diduga terkena bom pada Senin (23/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

Rumah Victor Mambor yang terletak di Kelurahan Angkasapura, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, berjarak sekitar tiga meter dari lokasi ledakan di pinggir jalan.

Victor melihat sebuah sepeda motor menghadap ke samping rumah sebelum ledakan terjadi, menurut bukti dari rekaman CCTV yang dipasang di salah satu area properti.

Sebelumnya, wartawan senior Victor Mambor dan Dewan Pertimbangan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jayapura, Papua, diduga terkena bom pada Senin (23/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

Setelah Victor melaporkan kejadian tersebut ke Polres Jayapura Kota, petugas melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mengumpulkan informasi dari pelapor, serta mengumpulkan barang bukti berupa sekering dan puing-puing terkait ledakan lainnya.

Victor telah menjadi korban dari dua aksi terorisme terpisah, yang pertama melihat orang tak dikenal menghancurkan Isuzu D-Max yang diparkirnya pada 21 April 2021.