NasDem soal Demo Buruh 21 Mei: Niatnya Jangan Rebut Kekuasaan

Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni mempersilakan elemen masyarakat yang ingin menggelar demonstrasi pada 21 Mei 2022.
Follow Us

Jurnal Pilar | NasDem soal Demo Buruh 21 Mei: Niatnya Jangan Rebut Kekuasaan

Jakarta, Pilarnusantara.id – Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni mempersilakan elemen masyarakat yang ingin menggelar demonstrasi pada 21 Mei 2022 atau bertepatan dengan momentum reformasi.

Sahroni meminta demonstrasi itu tidak mengangkat isu pemakzulan terhadap Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia juga mengingatkan massa aksi tidak mengarah pada isu perebutan kekuasaan.

Bacaan Lainnya

“Unjuk rasa sekarang harus tepat sasaran dan membangun. Bukan yang niatnya perebutan kekuasaan atau menyerang lawan politik,” kata Sahroni saat dihubungi wartawan pada Rabu (18/5).

Wakil Ketua Komisi III DPR itu juga meminta masyarakat yang menggelar demonstrasi tidak mudah terprovokasi kelompok yang berupaya membuat gaduh.

“Silakan teman mahasiswa-mahasiswa unjuk rasa, kritik pemerintah dan DPR dengan poin-poin yang valid dan membangun. Kami dan pemerintah siap dengar dan berdialog,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengingatkan sejumlah elemen buruh yang melakukan unjuk rasa untuk tetap menjaga situasi ketertiban dan tidak terprovokasi dengan oknum-oknum yang membuat kericuhan.

“Himbauannya agar menjaga situasi tetap tertib, aman dan menghargai masyarakat pengguna jalan lainnya. Jangan sampai disusupi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab,” kata Dedi.

Diketahui, Sekretaris Jenderal KASBI Sunardi mengatakan demonstrasi pada 21 Mei mendatang bakal menjadi puncak dari rangkaian gelombang aksi yang terjadi di pelbagai daerah dalam beberapa bulan belakangan.

Aksi tersebut juga disebut menjadi momentum reformasi. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti apa yang akan menjadi tuntutan dari massa aksi.

Sementara sejumlah elemen mahasiswa, aktivis, hingga buruh yang tergabung dalam Komite Rakyat Lawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KRL-KKN) akan menggelar aksi nasional di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, besok Kamis (19/5).

Koordinator Aksi, Febriditya Ramdhan, mengatakan aksi massa tersebut akan mulai digelar sekitar pukul 13.00 WIB. Adit mengatakan aksi ini merupakan hasil dari acara konsolidasi nasional yang berlangsung pada 10-12 Mei di Taman Wiladatika, Cibubur.