Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP

Pemerintah menyiapkan hotel terapung berkapasitas 2.600 orang untuk wisatawan dan penonton MotoGP Mandalika 2022. Ilustrasi.
Follow Us

Jurnal Pilar | Pemerintah Siapkan Hotel Terapung Tampung 2.600 Wisatawan MotoGP

Jakarta, Pilarnusantara.id – Pemerintah menyiapkan hotel terapung dengan kapasitas 2.600 orang di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hotel terapung ditujukan untuk para wisatawan dan penonton gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Helson Siagian menyebut hotel terapung tersebut akan bersandar di pelabuhan Lembar dengan menggunakan satu kapal besar dan lima kapal pinisi.

“Pelni siapkan KM Kelud berkapasitas 2.500 orang. Sedangkan Pelindo menyiagakan 5 kapal phinisi, Masing-masing berkapasitas 20 orang,” kata Helson melalui keterangan tertulis yang diterima Pilarnusantara.id, Minggu (13/3).

Bacaan Lainnya

Adapun untuk masalah reservasi hotel terapung akan dikelola melalui pemerintah daerah setempat. Helson menyebutkan hotel terapung tersebut akan resmi dibuka mulai 18 Maret mendatang hingga gelaran MotoGP Mandalika selesai.

Ia juga mengklaim pemerintah sudah rampung melakukan berbagai simulasi untuk kelancaran pelayanan dan pengamanan di pelabuhan. “Ini terkait dengan operasional hotel terapung,” ujarnya.

Helson sekaligus menginformasikan berdasarkan data Dinas Pariwisata NTB, dari 17.833 total akomodasi yang tersedia, sebanyak 11.169 akomodasi atau 62 persennya telah tersewa.

Ia merincikan dalam rentang tanggal 4 hingga 7 Maret, sebanyak 547 akomodasi telah dipesan pengunjung.

Adapun akomodasi di daratan ini tidak hanya berlokasi di Mandalika dan Mataram, namun juga tersebar di Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu.

MotoGP Mandalika akan digelar 18 hingga 20 Maret mendatang. Persiapan sejumlah fasilitas pendukung gelaran terus dikebut, termasuk mempercantik area di sekitar sirkuit.