Pimpinan DPR Minta Kemenkes Serius Tangani Hepatitis Misterius

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan akan mencari tahu penyebab hepatitis misterius yang telah menewaskan empat anak di Indonesia.
Follow Us

Jurnal Pilar | Pimpinan DPR Minta Kemenkes Serius Tangani Hepatitis Misterius

Jakarta, Pilarnusantara.id – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan akan segera mengusut dan mencari tahu penyebab hepatitis misterius yang hingga kini telah menewaskan empat anak di Indonesia.

Dasco meminta Komisi IX DPR berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mencari tahu penyebab munculnya penyakit tersebut.

Langkah itu bakal dilakukan setelah masa reses anggota dewan yang akan berakhir pekan depan.

Bacaan Lainnya

“Kita akan minta komisi teknis terkait dalam hal ini Komisi IX untuk koordinasi dengan mitranya yaitu Kemenkes,” kata dia kepada wartawan, Senin (9/5).

Dasco mewanti-wanti temuan hepatitis akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan jika tidak segera ditangani.

Dia meminta Kemenkes agar serius mencari solusi untuk menangani penyakit tersebut. Dia pun berharap agar penyakit tersebut tak menular apalagi menjadi pandemi baru.

“Mudah-mudahan soal hepatitis ini tidak seperti Covid yang kemudian menjalar menjadi pandemi, dan kita minta kepada kemenkes dalam hal ini untuk lebih serius menangani masalah ini,” katanya.

Kemenkes saat ini telah berkoordinasi dengan WHO dan beberapa negara di Eropa untuk mencari tahu penyebab penyakit misterius tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut pihaknya masih melakukan investigasi terkait kasus kematian empat anak diduga akibat penyakit misterius tersebut.

Keempat kasus kematian menunjukkan gejala yang hampir sama. Di antaranya mirip gejala penyakit kuning. Kemudian demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.