PUB Dorong Optimalisasi Potensi Desa di Kabupaten Lebak

PUB Perdayakan Potensi Desa
foto. PUB Perdayakan Potensi Desa di Lebak Banten
Follow Us

Penulis : Zulfi | Editor : Sayyid Daffa

Lebak, PilarNusantara.id – PUB Dorong Optimalisasi Potensi Desa di Kabupaten Lebak. Bermula dari, Perkumpulan Urang Banten (PUB) Kabupaten Lebak melakukan survey potensi desa di Kecamatan Bojongmanik, yang melibatkan tokoh PUB antara lain, Ketua bidang Pertanian Ki Anton Apriyantono ( Menteri pertanian periode 2004-2009, Ketua PUB Lebak Ki Pepep Faisaludin, Sekum PUB Lebak Dede Sudiarto, serta Ahli Tanaman Pisang Ki Iskandar, Doktor Abdurachman, Ki Eman Sukirman, Anggota DPRD lebak dapil III ki Tajudin, Kades Mekarmanik Aliyudin, dan Kades Cinayang Arta.

Dalam survey potensi desa ada beberpa point yang diungkapkan oleh Kades Mekarmanik bahwa potensi pertanian sangan besar di desa ini. Namun kami berharap inprastruktur jalan yang rusak dan berbatu untuk bisa dibangun Pemerintah Daerah agar memperlancar mobilisasi angkut hasil bumi pertanian, tambahnya.

“Selain itu yang masih kurang adalah soal sumber daya manusia yang perlu dimotivasi dengan mengintensifkan program kuliah kerja nyata (KKN) dari perguruan tinggi ke desa mekarmanik,” usulnya.

Semua tokoh yang hadir, PUB, Akademisi, dan tokoh masyarakat dalam kesempatan yang sama, sepakat untuk bersama-sama mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan pengembangan potensi des di Kabupaten Lebak.

Dede Sudiarto, Sekum PUB Kabupaten Lebak, menambahkan, jika acara survey ini sebetulnya baru tahap observasi potensi yang dilaksanakan secara random, jadi setelah ini kita akan buat program yang terencana dan terukur sesuai apa yang bisa kita bantu lakukan.

“Seperti halnya Curug Cimayang di Desa Cimayang, yang cukup alami, dan jarak yang tidak begitu jauh dari jalan raya, sekitar 1 km, dengan pemandangan persawahan dan pinggir sungai, ini luar biasa, sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam,” papar Dede Sudiarto.

Sementara Ki Anton Apriyantono, mantan Menteri Pertanian era SBY dan saat ini sebagai Wakil Ketua Bidang Pertanian PUB, mengatakan, “Saya sudah banyak berkeliling dunia dan melihat pengelolaan wisata, bahwa potensi wisata alam yang masih alami seperti Curug Cimayang ini lah yang perlu dilestarikan, hanya perlu pembersihan saja disepanjang trek ke lokasi, tidak perlu di paping atau di cor. Karena justru jalan yang alami itu daya tariknya, dengan melewati area persawahan dan pinggir sungai sangat menarik.”

Potensi desa harus terus di optimalakan sebagai kiblat wisata alami yang memiliki nilai jual untuk meningkatakan perekonomian masyarakat, pungkas Ki Anton Apriyantono. (Zulfi)

Tinggalkan Balasan