Ratusan Pemudik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen Hari Ini

Aktivitas mudik hari ini di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Follow Us

Jurnal Pilar | Ratusan Pemudik Mulai Padati Stasiun Pasar Senen Hari Ini

Jakarta, Pilarnusantara.id – Aktivitas mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, mulai menunjukkan peningkatan, Sabtu (23/4). Ratusan pemudik sudah memadati ruang tunggu, lengkap dengan sejumlah tas dan barang bawaan yang akan mereka bawa ke kampung halaman.

Area parkir juga terlihat padat kendaraan dari para keluarga yang hendak melepas sanak saudaranya mudik lebih awal.

Pantauan Pilarnusantara.id, puluhan petugas juga bersiaga di area stasiun. Mereka bertugas mengamankan lokasi serta membantu para pemudik yang mungkin membutuhkan bantuan untuk mencari kereta tumpangannya.

Bacaan Lainnya

Pada area dekat pintu masuk utama juga berdiri stand medis untuk keperluan pemudik yang hendak melakukan tes antigen Covid-19.

Salah satu warga, Firman (27) menjadi pemudik yang hendak pulang kampung hari ini. Ia akan berangkat hari ini ke kampung halamannya di Surabaya, Jawa Timur mengajak istri dan satu anaknya yang masih balita.

“Saya kebetulan memang pulang lebih awal. Soalnya dari kerjaan sudah bisa cuti. Nanti mah keluarga nyusul,” kata Firman saat ditemui.

Firman mengatakan mudik kali ini terasa berbeda. Ia pun begitu semangat sebab banyak sanak saudaranya ikut mudik pada lebaran tahun ini.

“Ya semenjak katanya boleh mudik sama pemerintah, saudara yang lain juga bakal ikutan pulang. Beda ama tahun-tahun kemarin,” ucap dia.

Sama halnya dengan Firman, Salma (35) juga menjadi pemudik yang akan pulang kampung hari ini. Ia hanya ditemani satu anak bungsunya.

“Ya hari ini berangkat. Kalau suami, sama anak yang gede nyusul. Karena mereka masih pada kerja,” kata Salma.

Ia mudik duluan karena mengaku sudah tak sabar bertemu dengan sanak saudaranya di kampung.

“Ya sudah dua tahun ini kami sekeluarga memang tidak pulang kampung untuk lebaran,” kata Salma.

Aktivitas mudik ini sejalan dengan informasi yang disampaikan pihak Kereta Api Indonesia (KAI). Bahkan pemudik dengan kereta bakal lebih padat pada hari berikutnya mendekati hari raya.

KAI bahkan melaporkan tiket untuk perjalanan jarak jauh dari periode sebelum dan sesudah hari Lebaran terjual sebanyak 75 persen.

“Sampai dengan 22 April, keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek sebanyak 267.300 tiket KA Jarak Jauh telah terjual. Untuk keberangkatan Pra-Lebaran periode 22 April sampai 1 Mei dengan keterisian tempat duduk 75 persen,” ungkap Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

Untuk tiket keberangkatan, tersisa hanya untuk 23-26 April 2022, itu pun tempat duduk yang tersedia hanya sampai dengan 45 persen.

“Masih ada tapi sedikit sekali. Kalau di tanggal 23 sampai dengan 26 okupansinya masih ada sampai 45 persen,” kata Eva.