Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir

Ilustrasi. Sebanyak 200 KK dan 304 unit rumah terdampak banjir di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (16/7) sore.
Follow Us

Jurnal Pilar | Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir

Jakarta, Pilarnusantara.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan 304 rumah terdampak banjir di Kecamatan Telukjambe Barat Desa Karangligar, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (16/7). Banjir disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga aliran sungai Cidawolong dan Kedunghurang meluap ke permukiman penduduk pada Sabtu sore.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan BPBD Karawang telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengevakuasi warga yang harus dievakuasi.

“Terdapat sekitar 200 kepala keluarga (KK)/1.192 jiwa terdampak dan 304 unit rumah, 2 unit fasilitas ibadah, dan 3 unit fasilitas umum tergenang banjir dengan ketinggian antara 10 hingga 100 cm. Belum ada laporan korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini,” kata Abdul dalam keterangan pers, Minggu (17/7).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Sabtu sore, air masih menggenangi sebagian rumah warga. Namun, warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca kondisi berawan untuk Karawang pada Minggu ini. Sedangkan pada Senin (18/7), kabupaten tersebut diprediksi akan hujan ringan.

Sementara itu, hasil dari Inarisk BNPB menunjukkan 30 kecamatan di Karawang berisiko terkena banjir.

BNPB pun mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengantisipasi potensi waspada bahaya banjir susulan. Pemda dan masyarakat diminta untuk menjaga sungai dan selokan tetap bersih agar mampu menampung debit air tinggi ketika musim hujan.