Ribuan Pemudik Mulai Menumpuk di Stasiun Pasar Senen

Pemudik di Stasiun Pasar Senen.
Follow Us

Jurnal Pilar | Ribuan Pemudik Mulai Menumpuk di Stasiun Pasar Senen

Jakarta, Pilarnusantara.id – Ribuan pemudik mulai memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (26/4), atau H-6 menjelang lebaran 2022.
Pantauan Pilarnusantara.id, para pemudik terlihat memadati area tunggu hingga lobby Stasiun Pasar Senen. Antrean pemudik juga nampak di sejumlah loket tiket mandiri.

Kebanyakan pemudik terlihat pulang ke kampung halamannya bersama keluarga. Meski begitu tidak jarang pula ada pemudik yang pulang ke kampung halaman seorang diri.

Bacaan Lainnya

Tidak ketinggalan, rombongan keluarga yang mengantarkan calon penumpang juga turut memadati area Stasiun Pasar Senen. Imbasnya penumpukan penumpang tidak terelakkan, terlebih menjelang waktu-waktu keberangkatan kereta api.

Pelbagai barang bawaan turut serta dibawa pemudik ke kampung halamannya. Para porter di Stasiun Senen pun terlihat berlalu lalang membantu membawakan barang milik pemudik.

Guna mengurangi penumpukan pemudik, para petugas menyortir para penumpang sebelum diperbolehkan masuk ke peron. Bagi mereka yang jadwal keberangkatannya masih lama, diarahkan petugas untuk menunggu di luar area peron.

“Untuk penumpang Mataramaja silakan mengantre dan masuk ke dalam. Di luar itu silakan menunggu di area yang sudah disediakan sampai dipanggil,” ujar petugas melalui pengeras suara.

 

“Kami akan memanggil sesuai urutan keberangkatan kereta api. Bagi porter mohon dibantu para penumpang, agar tidak ada yang ikut mengantre di luar jadwal,” sambungnya.

Suliyana (33), salah seorang pemudik asal Ponorogo, Jawa Timur, mengaku sengaja mudik lebih awal untuk menghindari puncak arus mudik pada Jumat (28/4) mendatang. Dirinya bahkan mengatakan telah membeli tiket sejak satu bulan yang lalu untuk kepulangannya tahun ini.

“Iya, soalnya biar enggak rame saja. Udah satu bulan yang lalu (beli tiket). Soalnya, enggak kebagian, ya rame kayak begini,” ujarnya di lokasi.

Lebih lanjut, Suliyana bersama suami dan anaknya mengaku sangat antusias bisa mudik pada lebaran kali ini.

“Senang bisa ketemu orang tua. Sudah 3 tahun enggak mudik. Sekarang sudah vaksin, sudah booster juga,” pungkasnya.