Satu Korban Tewas Gempa Cianjur Ditemukan di Desa Cugenang

Satu korban tewas yang tertimbun reruntuhan imbas gempa bumi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat berhasil dievakuasi pada Kamis (24/11). (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Follow Us

Jurnal Pilar | Ibnu Sayyid Daffa

Jakarta, Pilarnusantara.id – Satu korban tewasyang tertimbun reruntuhan imbas gempa bumi di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat berhasil dievakuasi pada Kamis (24/11).

Proses evakuasi terhadap korban tewas tersebut dilakukan oleh tim gabungan K-9 Mabes Polri dan Polda Jabar sekitar pukul 11.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Resimen III Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri Iptu Supardi mengatakan jenazah dengan jenis kelamin perempuan itu kini telah dibawa menuju rumah sakit terdekat untuk selanjutnya diidentifikasi.

“Setelah dilakukan proses evakuasi, akhirnya berhasil ditemukan satu jenazah. Selanjutnya, dibawa menggunakan kantung jenazah ke ambulans terdekat,” ujarnya kepada wartawan di lokasi.

Supardi menjelaskan proses evakuasi terhadap korban yang telah tertimbun reruntuhan atau longsor sangat bergantung kepada kondisi cuaca. Khusus untuk hari ini, total ada 77 personel yang dikerahkan untuk mencari korban di lokasi tersebut.

“Proses evakuasi akan berlanjut dengan berkoordinasi bersama stakeholder lainnya,” ujarnya.

Data BNPB per Rabu (23/11), total korban tewas dalam bencana tersebut telah mencapai 271 jiwa. Sementara 40 warga dikabarkan masih hilang imbas gempa berkekuatan magnitudo 5,6 tersebut.

BNPB juga mencatat sebanyak 2.043 orang mengalami luka-luka dan 61.908 orang harus mengungsi. Setidaknya 15 kecamatan terdampak, dengan Kecamatan Cugenang yang paling parah.