Shin Tae Yong Kritik Teknik Dasar Pemain Timnas U-23

Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk persiapan SEA Games.
Follow Us

Jurnal Pilar | Shin Tae Yong Kritik Teknik Dasar Pemain Timnas U-23

Jakarta, Pilarnusantara.id – Shin Tae Yong mengkritik teknik dasar pemain Timnas Indonesia U-23 dalam pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, Jumat (22/4).

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube PSSI, Shin Tae Yong ingin meningkatkan kemampuan fisik anak asuhnya dengan latihan body balance.

Kemudian, ia juga memberi program khusus untuk latihan teknik dasar seperti menahan bola, umpan datar, dan umpan lambung.

Bacaan Lainnya

Shin Tae Yong sempat menyebut kualitas teknik dasar pemain timnas masih belum mumpuni. Menurutnya, operan penggawa Skuad Garuda masih kurang akurat.

“Kalau bisa [menahan bola] jangan sampai mantul. Kalian datang, jangan tunggu bola, jangan sampai bola mantul. Kalian harus datangi bola dengan cepat. Akurasi [operan] kalian juga masih kurang,” ucap Shin Tae Yong.

Selain latihan teknik dasar, Shin Tae Yong juga membuat sesi khusus untuk taktik. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu mengarahkan para pemain ketika sedang berlatih dalam menyusun serangan.

Sementara itu pemain Timnas Indonesia, Marc Klok mengakui program latihan yang disusun Shin Tae Yong sangat berat. Namun, ia merasa mendapat banyak pelajaran dari juru taktik tentang berbagai hal.

“Keras, tapi kita butuh fisik yang top yang paling tinggi untuk ambil prestasi. Latihan sekarang keras sekali, karena tiga kali sehari. Tidak mudah tapi tetap kita lakukan,” kata Klok.

“Kita menyiapkan semua yang Shin Tae Yong mau mainkan dan saya pikir saya bisa belajar dari dia juga. Semoga nanti bisa raih prestasi yang tinggi,” ujarnya.

Timnas Indonesia U-23 sedang bersiap-siap menuju SEA Games 2021 Vietnam, Mei mendatang. Latihan yang berat penting dilakukan sebagai bekal menghadapi lawan-lawan kuat.

Pasalnya, Indonesia akan langsung menghadapi Vietnam di pertandingan pembuka babak penyisihan Grup A SEA Games 2021, 6 Mei mendatang.