Tak Disangka Jokowi Panggil Surya Paloh ke Istana, Kamis Sore

Tak Disangka Jokowi Panggil Surya Paloh ke Istana, Kamis Sore
Follow Us

Jurnal Pilarnusnatara | Cristhiyan Zafnat

 

Bacaan Lainnya

Jakarta ,Pilarnusantara.id – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hadir di Istana Negara pada Rabu, 26 Januari lalu.

“Pada dasarnya benar. Dipanggil terluka. Menyebutkan Presiden Pakistan,” demikian keterangan Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni kepada CNN Indonesia pada 27 Juli.

Namun Sahroni mengaku tak paham detail pembicaraan Paloh dan Jokowi saat berada di Istana. Ia mengatakan bahwa dia tidak berpartisipasi dalam keseluruhan acara.

Dia berkata, “Topiknya saya enggak tahu, karena saya tidak ikut.”

Hingga saat ini, NasDem masih dianggap sebagai satu-satunya anggota koalisi pemerintahan Jokowi.

Namun, isu yang diangkat oleh menteri-menteri NasDem belakangan ini adalah salah satu disrupsi atau reorganisasi kabinet. Ini karena NasDem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Mereka terus mempertahankan aliansi mereka dengan Partai Demokrat dan PKS.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat ini sedang menjalankan tugas resmi masing-masing untuk NasDem, menurut Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Tampaknya kedua menteri itu mudah diganti.

NasDem mengingatkan, pemerintahan Jokowi akan terus didukung hingga akhir 2024. Lebih lanjut, mereka menegaskan tidak ada yang berwenang mencopot mereka dari kabinet, kecuali menanggapi pernyataan Jokowi.

 

(red/czp)