Tenggat Satu Hari Timnas Futsal ke SEA Games 2021

FFI diberi waktu sehari untuk memastikan keikutsertaan Timnas Futsal Indonesia.
Follow Us

Jurnal Pilar | Tenggat Satu Hari Timnas Futsal ke SEA Games 2021

Jakarta, Pilarnusantara.id – Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry Yuniarto Kono memberi waktu satu hari untuk Federasi Futsal Indonesia (FFI) memberi keputusan soal keikutsertaan di SEA Games 2021 Vietnam.

Saat ditanya soal tenggat waktu keputusan, Ferry mengonfirmasi pihaknya akan menunggu hingga Kamis (14/4) bagi FFI untuk memberi kepastian.

“Ya [ditunggu sampai besok],” kata Ferry saat ditemui wartawan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (13/4).

Ferry mengatakan pendaftaran kontingen Indonesia untuk cabang olahraga futsal sebenarnya sudah ditutup. Namun pihaknya melobi panitia untuk tetap memasukkan Indonesia ke long list meski drawing tetap dilaksanakan.

“Sebenarnya [pendaftaran] sudah tutup, tapi khusus futsal mereka [panitia] masih menunggu. Besok saya tegaskan kepada tim saya untuk menyelesaikan proses pendaftaran selesai, karena tanggal 15 tim saya pulang dari Hanoi,” ujarnya.

Jika FFI sudah memberi kepastian Ferry meminta FFI untuk segera berkoordinasi dengan PSSI untuk memberi informasi secara formal kepada Kemenpora dan NOC Indonesia.

“Panitia mengenalnya PSSI, bukan FFI. Secara formal yang mendaftarkan di multievent itu PSSI. Saya yakin PSSI pasti mendukung,” kata dia.

Ia memastikan tim futsal putra masuk rekomendasi dari tim review Kemenpora untuk ikut dalam SEA Games 2021. Status runner-up di Piala AFF Futsal 2022 yang sudah diraih Skuad Garuda menjadi salah satu pertimbangan tim review memberi keputusan demikian.

“Rekomendasi dari tim review, akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu futsal putra. Itu hasil dari review. Mengingat mereka sudah berhasil masuk final di Piala AFF yang kemarin,” ucapnya.

Ferry memastikan Indonesia sudah masuk daftar tunggu peserta turnamen.

“Akreditasi akan kami lakukan. Kami tetap minta masuk ke drawing walaupun belum didaftarkan karena apabila drawing sudah selesai tidak bisa lagi masuk,” katanya.

“Kami sudah bilang ke panitia bahwa belum ada keputusan [dari futsal putra]. Tapi kami sudah ada di long list, jadi mereka bisa tetap lanjutkan drawing,” ucapnya.

Pilarnusantara.id sudah berusaha menghubungi Ketua FFI Hary Tanoesoedibjo dan Sekjen FFI Edhie Prasetyo. Namun hingga berita ini ditulis, belum ada tanggapan dari pihak yang bersangkutan.