Tips Menggunakan Pola Makan Gizi Seimbang Dalam Kehidupan Sehari-hari Dalam Rangka Hari Gizi Nasional Tahun 2023.

Ilustrasi makanan gizi seimbang yang bernutrisi untuk tubuh.
Follow Us

Jurnal Pilarnusantara | Gatan Prasetia

Jakarta, Pilarnusantara.id – Setiap tahun pada tanggal 25 Januari, Hari Gizi Nasional diperingati sebagai pengingat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya diet seimbang. Dr Juwalita Surapsari, M. Gizi, Sp.GK, seorang ahli gizi, mengklaim bahwa pola makan seimbang berdampak pada semua aspek kesehatan manusia.

Bacaan Lainnya

Selain membantu orang tetap sehat, pola makan seimbang juga bermanfaat bagi orang yang sudah memiliki kelainan tertentu. Dokter Lita memberikan saran untuk membantunya mengingat untuk menjaga pola makan seimbang sehubungan dengan hal tersebut.

“Yang pertama, ketika ingin melakukan diet dengan gizi seimbang utamakan dulu sumber pangan lokal yang ada di sekitar kita,” ujarnya pada Selasa, 24 Januari 2023.

Dia menyarankan untuk mencari alternatif karbohidrat yang lebih padat nutrisi, seperti singkong dan olahannya. Akan tetapi, komponen protein diperlukan dalam setiap sajian makanan, baik yang berbahan dasar nabati maupun hewani.

Menambahkan nutrisi seimbang pada setiap porsi makan merupakan langkah kedua. Kandungan sayur, buah, karbohidrat, protein, dan lemak sudah memenuhi kebutuhan diet manusia. Selain itu, saat berdiet, Anda harus memilih lemak sehat daripada mengabaikan kebutuhannya.

“Kalau lagi diet, menghindari lemak itu salah. Pilihlah lemak yang baik supaya kebutuhan gizi dapat berfungsi dengan baik,” tuturnya.

 

Tokopedia mengkaji tren makanan sehat terkini dari UMKM daerah, seperti Loka Padang dan Rumah Mocaf, dalam rangka Hari Gizi Nasional. Restoran vegan bernama Loka Padang menyajikan masakan Padang.

Ide ini dipikirkan dengan hati-hati, menggunakan alternatif daging alami, dan pilihan makanan sehat. Misalnya, ia menyukai tahu dan jamur yang dipadukan dengan racikan bumbu Padang yang ramah vegetarian dalam produk sate padang.

Mereka saat ini diharuskan menyediakan barang turunan, yang kemudian mereka tawarkan di Tokopedia sebagai barang beku. Jumlah transaksi merchant Loka Padang di Tokopedia bisa mencapai tiga kali lipat pada 2021, menurut Irene Umar, pemilik perusahaan.

Riza Azyumarridha Azra mendirikan Rumah Mocaf, sebuah restoran yang mengkhususkan diri pada makanan yang dibuat dengan tepung singkong atau tepung singkong yang dimodifikasi (mocaf). Karena tepungnya bebas gluten, maka dipromosikan sebagai tepung yang bergizi.

Dengan bahan alami seperti daun kelor, bit, tomat, dan buah naga, pihaknya membuat aneka masakan dari mocaf, antara lain tepung serbaguna, ayam goreng tepung, biskuit, dan mi instan. Lebih dari 600 petani singkong telah memenuhi persyaratan hingga saat ini.

Irena menguraikan bagaimana perusahaannya dimulai dengan keinginan untuk mengeksplorasi hal-hal baru dan tetap berpikiran terbuka. Dia berkata, “Jika kita tidak mencoba, kita tidak akan pernah tahu.”

Irene menegaskan bahwa bisnis akan lebih baik jika tujuannya menjadi tujuan hidup daripada sekedar mencari uang. Dengan Loka Padang, dia bersikap seperti ini. Jika menjadi tujuan hidup, bisnis “bisa jadi sesuatu yang penuh sentimen,” ujarnya.

Pekerjaan pilihannya adalah membantu orang lain menyembuhkan atau mencintai diri sendiri. Dia berkomentar, “Kita harus menikmati (makanan), tapi kita juga harus membuatnya sehat.”

Selain itu, ketika menjalankan bisnis, ia mengadopsi pola pikir orang-orang yang ingin belajar. Setiap orang bisa belajar sesuatu yang baru setiap hari dengan menjelajahi dunia, katanya.

Riza, sementara itu, mendemonstrasikan bahwa menyeimbangkan keuntungan dan kesejahteraan manusia juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Aspek terpenting dalam menjalankan bisnis adalah kerja sama tim. Dia mengutip kebutuhan untuk “membangun tim yang solid dan terus tumbuh dalam keterlibatan dan kemampuan.”

Dengan inisiatif KTP atau disebut juga Koleksi Toko Terpilih, Tokopedia telah berusaha selama 14 tahun mendampingi UMKM lokal, khususnya para penggiat kuliner makanan dan minuman dari seluruh pelosok Indonesia, dalam usahanya menjangkau pasar yang lebih luas.

“Selain itu, ada (fitur) Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Untuk memudahkan pelanggan mengirimkan hampers makanan atau minuman sehat, pihaknya mengembangkan opsi “share address”. Menurut penelitian, penjualan makanan dan minuman sehat meningkat drastis pada tahun 2022. Jus lemon, biji chia, granola, madu, dan sereal adalah beberapa di antaranya.

Menurut informasi Kementerian Perindustrian, industri pengolahan nonmigas akan memberikan kontribusi sebesar 37,82 persen terhadap PDB pada tahun 2022, dengan salah satu kontribusi besar berasal dari subsektor kuliner. Tokopedia Yum! kampanye ini dibuat untuk membantu masyarakat umum dan pendukung diet sehat. Pada 25 Januari 2023, Tokopedia Yum! akan melakukan flash sale seharga Rp 30.000 dalam rangka Hari Gizi Nasional.